• Home
  • Penyerahan Mesin Pencacah Sampah Organik Kepada Pemerintah

Penyerahan Mesin Pencacah Sampah Organik Kepada Pemerintah

 



PHP2D merupakan singkatan dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa. Kegiatan PHP2D ini merupakan kegiatan yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. Disamping itu juga untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Penyelenggaraan PHP2D Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) diadakan di Desa Rancamanyar, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang mengangkat judul “Pembelajaran dan Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan Melalui Penerapan 3R Sampah Dalam Sistem Logistik” diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan yang tengah dihadapi warga tersebut karena yang terjadi di lapangan, warga desa Rancamanyar ini menghadapi masalah mengenai sampah yang menggunung dan tidak tersedianya lahan untuk mengelola sampah, sehingga menimbulkan lingkungan kumuh dengan aroma yang tidak sedap.

Apabila masalah ini tidak segera ditangani dengan solusi, maka akan menjadi dampak buruk bagi warga desa Rancamanyar antara lain menurunnya kualitas kesehatan masyarakat setempat, bisa terhambatnya kegiatan desa karena lingkungan menjadi kumuh.

Pada Jumat 15 Januari 2021 sebagai rangkaian kegiatan PHP2D 2020, STIMLOG memberikan mesin pencacah sampah organik, mesin ini merupakan salah satu mesin pengolah sampah yang berfungsi untuk mencacah berbagai jenis sampah organik. Sampah yang dapat dicacah antara lain: rumput, limbah sayur dan buah, daun serta bahan organik lainnya. Semoga dengan adanya mesin ini dapat membantu masyarakat Desa Rancamanyar dalam pengolahan sampah secara mandiri.

Posting Komentar

Categories

Recent News

[latest][5][recentright]