MANAJEMEN TRANSPORTASI


Visi :

Menjadi program studi yang unggul dan bereputasi tinggi dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan keilmuan Manajemen Transportasi sehingga menjadi andalan nasional dan dapat sejajar pada barisan terdepan  di di kawasan Asia-Pasifik.

Misi :

  1. Melaksanakan pendidikan Manajemen Transportasi yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan dengan mutu tinggi.
  2. Melaksanakan penelitian dan  menyebarluaskan hasil penelitian serta pengembangan keilmuan  Manajemen Transportasi yang berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang bersifat pemecahan masalah-masalah  Logistik dan Rantai Pasok  Nasional.

 

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan dengan keunggulan di bidang keilmuan Manajemen Transportasi dan mampu responsif dan adaptif serta mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang tinggi dalam merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan, merancang, mengintegrasikan, dan  memperbaiki secara berkelanjutan sistem Transportasi.
  3. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi dibidangnya, kreatif, inovatif, berwawasan kewirausahaan, terampil berkomunikasi,  mampu bekerjasama secara multi disiplin, berbudaya dan bermoral.
  4. Menghasilkan penelitian yang memiliki keunggulan di bidang Manajemen Transportasi yang dapat diandalkan dan memperoleh hak intelektual.
  5. Menjalin kolaborasi dalam bidang penelitian dan pengembangan keilmuan Manajemen Transportasi dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri.
  6. Menciptakan peluang dan menghasilkan penelitian dan pengembangan yang bereputasi internasional.
  7. Mengkomunikasikan hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan Manajemen Transportasi kepada pemangku kepentingan.
  8. Memiliki pengalaman penelitian dan dapat mengimplementasikan  ilmu Manajemen Transportasi guna kemaslahatan masyarakat.
  9. Mampu menjadi teladan dalam berkehidupan bermasyarakat.

Pogram Studi Manajemen Transportasi diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana Strata Satu (S1) di bidang Manajemen Transportasi yang memiliki:

  1. Kemampuan yang tinggi dalam merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan, merancang, mengintegrasikan, dan  memperbaiki secara berkelanjutan sistem Transportasi (Kompetensi dasar Manajemen Transportasi serta  implementasinya).
  2. Kemampuan emosional (sikap dan pola pikir positif, kepemimpinan, disiplin, etos kerja, kemampuan interpersonal dan kerja tim) serta kecakapan spiritual (keimanan, integritas, dan moral). (Kompetensi emosional dan spiritual).
  3. Pemahaman dan penguasaan prinsip, teknik, dan perangkat teknologi dan sistem informasi terkini serta mampu mengaplikasikannya untuk meningkatkan kinerja sistem Transportasi (Kompetensi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi).
  4. Kemampuan analisis dan inovasi sehingga mampu memberikan solusi untuk pengingkatan kinerja sistem Transportasi (Kompetensi analitis dan inovasi).

Sedangkan profesi, bidang pekerjaan atau bidang keilmuan dan keahlian yang dapat diisi oleh lulusan Manajemen Transportasi adalah :

  1. Manajer/supervisor Transportasi Import/export.
  2. Manajer/supervisor Transportasi Freight Forwarding.
  3. Manajer/supervisor Transportasi/Distribusi Darat.
  4. Manajer/supervisor Transportasi/Distribusi Laut.
  5. Manajer/supervisor Transportasi/Distribusi Udara.
  6. Manajer/supervisor Proyek Manajemen Rantai Pasok.
  7. Manajer/supervisor Transportasi Internasional.
  8. Akademisi.

Keunggulan Program Studi Manajemen Transportasi antara lain adalah:

  1. Merupakan program studi pertama di Indonesia (untuk tingkat Strata 1) yang melaksanakan pendidikan manajemen transportasi khusus barang dengan sistem multi moda.
  2. Menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi di bidang logistik dan rantai pasok sehingga dapat mendukung pelaksanaan Sistem Logistik Nasional.
  3. Mempersiapakan Indonesia dari segi SDM dalam menghadapi integrasi logistik ASEAN pada tahun 2013, integrasi pasar ASEAN pada tahun 2015, dan integrasi pasar global pada tahun 2020.
  4. Turut serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang logistik dan rantai pasok.